Jumat, 02 Agustus 2013

Berkolaborasi Dengan Ariel NOAH

Pada 20 Juli 2013, Taman Langit (kini Avanada) dihubungi oleh salah satu pengurus dari Sahabat Jakarta, sebuah basis dari penggemar Noah di Jakarta. Dia mengundang Taman Langit untuk tampil di Perayaan Ulang Tahun ke-7 Sahabat Jakarta yang diselenggarakan pada 28 Juli 2013 di Yayasan Harta Bangsa, Jakarta. Tak perlu waktu lama bernegosiasi, Taman Langit akhirnya mengiyakan undangannya untuk tampil secara akustik di sana.


Sebenarnya, ada kendala saat persiapan Taman Langit tampil beberapa hari sebelumnya. Personil yang bisa tampil hanya Intan (vokalis) dan RayaBilly (gitaris). Saat itu, Awie (basis), mengatakan bahwa ia sedang dalam persiapan mudik Lebaran bersama keluarganya. Ditambah lagi dengan tidak adanya additional player yang available (personil Taman Langit hanya 3 orang). Setelah mencari, akhirnya Reeco (gitaris Puzzle) dan Eka (basis Runaways), dan Asep (drummer Room) berkenan untuk mengisi kekosongan personil. 2 hari sebelum acara, Taman Langit latihan pertama kali dan menentukan lagu apa yang akan dimainkan nanti. Akhirnya lagu ditentukan, dan latihan berjalan mengalir, dan diteruskan pada keesokan harinya.

Hari pelaksanaan acara telah tiba. Taman Langit tiba di Yayasan Harta Bangsa pada pukul 17.30 WIB, beberapa saat sebelum buka puasa. Kerumunan sahabat Noah sudah memenuhi tempat yang minimalis namun nyaman tersebut. Banyak sekali agenda yang dijadwalkan hari itu, mulai dari Games, Tausiyah, Hiburan, hingga Pembagian Door Prize oleh Sahabat Jakarta. Semua terlihat sangat bersemangat dan bergembira dalam acara tersebut. Terlebih saat Ariel (vokalis NOAH) ternyata juga menghadiri acara sesaat usai berbuka puasa. Datang ditemani oleh salah satu official NOAH, Ariel tampak sumringah melihat sambutan para sahabat yang begitu hangat. Teriakan penggemar perempuan dan laki-laki yang menyebut dan lalu menghampirinya, membuat panitia acara sempat kewalahan untuk menertibkannya. Beruntung, para sahabat bisa cepat mengerti akan hal itu.

Setelah semua selesai melaksanakan kegiatan buka puasa bersama, dan shalat Maghrib tentunya, Taman Langit diminta untuk bersiap tampil menghibur para sahabat dan Ariel sendiri. Ada rasa nervous yang sulit ditahan saat itu, karena kehadiran Ariel yang duduk di depan panggung untuk menyaksikan penampilan Taman Langit memainkan lagu-lagu milik Peterpan dan NOAH. Masih berusaha untuk menghilangkan grogi, Taman Langit memainkan lagu Menghapus Jejakmu sebagai lagu pertama. Selama penampilannya, tidak ada yang terdiam, semua bernyanyi mengikuti alunan suara Intan. Ariel pun terlihat sangat menikmati suguhan dari Taman Langit yang memainkan lagu miliknya. Tepuk tangan riuh terdengar seusai lagu dimainkan. Sedikit ucapan dari Intan, "Gue grogi nyanyiin lagu ini, karena dilihat langsung oleh yang punya lagu. Jadi, maaf kalau ada kesalahan pada pengucapan lirik." Meski begitu, sambutan para sahabat membuat semangat Taman Langit tumbuh seribu kali lipat.
Sebagai perkenalan, Taman Langit memainkan lagu sendiri berjudul Terang di lagu kedua. Hanya segelintir yang ikut menyanyikan lagu tersebut, karena lagu ini memang belum familiar di telinga para sahabat yang hadir. Lagu Terbangun Sendiri menjadi lagu ketiga yang dimainkan oleh Taman Langit. Teriakan sahabat kembali memecah suasana yang sejenak hening ketika mereka menikmati lagu Terang. Sahabat ikut bernyanyi tak henti sepanjang lagu, membuat gaduh yang positif di tempat acara. Ariel yang saat itu selesai menghabiskan menu buka puasanya juga terlihat memperhatikan penampilan Taman Langit dengan seksama. Senyumnya beberapa kali terlihat ke arah panggung, seperti menandakan dia senang dengan penampilan Taman Langit.

Di penghujung penampilan, Intan mencoba merayu Ariel untuk bisa berkolaborasi. Setelah mendapat dukungan dari para sahabat, Ariel akhirnya bersedia untuk naik ke atas panggung dan berkolaborasi. Jleb! Ini semacam menjadi mimpi yang sempurna, dan menjadi kenyataan. Keinginan Taman Langit untuk bisa tampil satu panggung terwujud. Sebelum lagu dimainkan, Ariel sempat berujar, "Main lagunya yang gampang aja ya, yang gue bisa mainin kuncinya. Karena kalau lagu sudah gue kasih ke Uki dan Lukman, maka hasilnya akan berbeda." Tak lama, lagu Jika Engkau dimainkan dengan diiringi tepuk tangan dari para sahabat. Para sahabat yang semula duduk teratur di kursi masing-masing, langsung maju ke depan panggung untuk menyaksikan lebih dekat kolaborasi ini. Sebuah pengalaman berharga yang pernah didapat oleh Taman Langit.
Saat itu Taman Langit sudah mempersiapkan lagu Tak Bisakah untuk dinyanyikan bersama Ariel, namun Ariel menginginkan lagu Jika Engkau yang dimainkan. Praktis, lagu pun diubah menjadi seperti yang diinginkan Ariel. Taman Langit berkolaborasi dengan seorang vokalis yang menjadi inspirasi dalam proses pembentukan band tersebut.

Akhirnya, usai sudah penampilan kolaborasi tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah dari Pemilihan Abang - None Sahabat Jakarta, juga tukar kado dari para sahabat. Lalu memasuki sesi foto dengan Ariel. Taman Langit juga mendapatkan kesempatan untuk mengabadikan diri bersama Ariel setelah sahabat menyelesaikan gilirannya. Sebelum sesi foto dimulai, terlihat Ariel berbicara dengan RayaBilly, yang ternyata ia mengatakan "Lagu Taman Langit yang tadi bagus. Judulnya apa? Terang ya?." RayaBilly langsung mengiyakan dan berterimakasih atas pujiannya seraya memberikan 1 CD single Taman Langit kepada Ariel yang memang sudah disiapkan sebelum acara.



Acara sudah hampir selesai, dan Ariel pamit untuk meninggalkan tempat. Penonton memberikan sambutan perpisahan berupa tepuk tangan dan teriakan yang memanggil namanya. Tak lama, Taman Langit pun menyusul pamit kepada seluruh panitia dan sahabat yang sudah menyelenggarakan acara bagus ini. Semoga lain waktu bisa bertemu lagi. Terimakasih.

1 komentar:

  1. Luar biasa Avanada , yg sdh berkolaborasi dengan ka ariel langsung , jd merinding dgr crta'a , semangt terus ya...... Ditunggu krya2 berikutnya !!!

    BalasHapus